Cara mengganti favicon pada blog

Yang disebut favicon adalah favorit icon yang letaknya berada persis di bagian samping URL dari sebuah alamat blog atau website.

Biasanya favicon digunakan sebagai simbol karakteristik dari blog atau website agar terlihat lebih elegan.

Untuk contoh silahkan anda perhatikan di setiap website atau blog kebanyakan menggunakan favicon seperti pada blogger ini dengan icon warna orange dan tengahnya huruf B.




Cara menganti favicon pada blog sangatlah mudah pertama buatlah sebuah icon kecil dengan ukuran 16x16px 24x24px dan 32x32px cara membuatnya bisa menggunakan Adobe Photoshop.

Jika sudah mempunyai icon silahkan untuk convert hasil icon buatan anda ke layanan penyedia favicon geberator seperti pada link dibawah ini:

http://www.favicongenerator.com/ 
http://www.favicon.cc/
http://www.genfavicon.com/


 Pada langkah diatas anda tinggal browse icon yang sudah anda buat lalu klik generate Complete! => Click Here to Download Your Favicon!.

Jika sudah sobat download favicon anda yang tadi sudah di generate baru anda upload favicon tersebut ke image hosting, ada banyak penyedia layanan ini seperti picasa, photobucket dan lain-lain.

Kemudian masuk ke dasboard blogspot anda pilih tata letak dan Edit HTML klik Expand Widget Template masukan code dibawah ini,



agar lebih mudah mencari code dibawah ini klik Ctrl+F pada keyboard lalu letakan code diatas di bawah code,



ganti "http://link-favicon-anda.ico" dengan link favicon anda, jika sudah klik Simpan Template dan lihat hasilnya, selamat mencoba!

Comments :

1
vandraya mengatakan... on 

kok di picasa / photobucket / imageshack format icon gk bisa di upload ya ?

di google site hosting mau di uploud, tapi setelah direct ke URL nya image gk mau tampil ?

apa harus dengan format icon, bagaimana bila JPG, PNG atau GIF ???

Posting Komentar

Postingan Populer

Daily Categories